UMKM Bangkit Bersama Asoppsi

Pembina Asosiasi Penguasaha Pemula Sukses Indonesia (ASOPPSI) M. Chozin Amirullah menyampaikan bahwa selain ketekunan dan ketabahan, nilai dan etika menjadi kunci utama bagi para pengusaha.

Selain itu juga, Chozin mengatakan bahwa fase terberat bagi pengusaha ialah fase merintis, Sabtu (22/8/2020) dalam zoom virtual meet up yang mengusung tema “UMKM BANGKIT”

“Ibaratnya kalau bilangan itu dipangkat satu. Satu dipangkat satu, satu. Dua dipangkat satu, dua. Begitupun selanjutnya sampai seratus, nilainya tetap sama. Namun jika kita berhasil melewati fase merintis, itu akan berkembang,” kata Chozin.

Pria kelahiran Pekalongan ini pun menambahkan bahwa selain kegigihan, kejujuran adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar.

“Kalau kita tidak punya integritas, kita akan patah di jalan. Kejujuran berasalnya dari integritas yang kita latih setiap hari. Dua kunci kita yaitu profesional dan jujur,” lanjutnya

“Jika kita professional tetapi tidak memiliki integritas ya segitu-gitu aja. Dua-duanya hal mutlak yang  gradual step by step,” pungkas Chozin.

ASOPPSI merupakan asosiasi yang membantu pengusaha pemula melalui media sosial. Dengan followers yang dimiliki baik dari ASOPPSI Official juga pengurusnya membantu mempromosikan barang dagangan yang dijual oleh anggotanya.

Kini, pandemi Covid-19 menghantam bisnis UMKM. Dalam kesempatan tersebut, salahsatu anggota ASOPPSI pun bercerita jika ia gagap teknologi sekalipun usaha yang dimiliki telah berlangsung selama 6 tahun. Dengan kondisi seperti ini, alhasil usahanya pun mengalami kemerosotan. Dengan bergabung dengan ASOPPSI, ia berharap usahanya akan bangkit.

Anggota lainnya pun bercerita sejak bergabung dengan ASOPPSI, usahanya mulai bangkit. Bahkan ia pernah dapat pesanan dari Papua.

Situasi krisis memang datang tanpa di duga. Siapapun dapat mengalaminya termasuk saat ini, semua orang terkena imbas dari situasi krisis yang diluar dugaan saat ini.

Menurut Sekjen ASOPPSI, Rian, Indonesia memiliki produk berkualitas yang tak kalah dengan luar negeri. Sehingga Rian yakin bahwa dengan memanfaatkan media sosial juga jaringan yang ada, ASOPPSI yakin bahwa UMKM bisa bangkit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like