Peran Pemda DKI dalam Mewujudkan Jakarta 4.0

Ada 6 nilai dalam berkolaborasi yang kemarin saya sampaikan saat menghadiri undangan @pkkjakarta, yaitu akuntabilitas, otentik, komitmen, take and give, keanekaragaman, dan menghormati.

Tanya Jawab tentang tIbu-Ibu PKK DKI Jakarta sebagai wujud kolaborasi

Jika di era Jakarta 3.0, pemerintah berperan sebagai fasilitator dan warga sebagai partisipan. Saat ini di era Jakarta 4.0, pemerintah berperan sebagai penyedia platform dan warga sebagai co-creator. Hal inilah yang membuat Jakarta harus tumbuh bersama bukan hanya memperkuat sistem pemerintahan, jauh lebih penting adalah keterlibatan warga di dalam menjalankan sistem-sistem yang ada.

Masukan warga akan diterima dan dipecahkan bersama. Seperti pasca banjir kemarin, kerja bakti yang dilakukan bersama antar warga dan pemerintah @dkijakarta bukan pencitraan, tetapi kebersamaan untuk bekerja sama dalam melibatkan banyak pihak untuk ikut hadir dalam bentuk tanggung jawab.

Tetapi selain itu ada juga tantangan di Era 4.0 seperti saat ini, pemecahannya adalah dengan perkuat nilai kerelawanan, terbuka dengan inovasi, responsif dengan permasalahan di lapangan, dan memperkuat kolaborasi.

Mari tumbuh bersama di kota ini, di kota Jakarta yang kita cintai.#PKKJakarta#Jakarta#DKIJakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like