Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang

Diminta memberikan sambutan pada acara Natal bersama yang diselenggarakan oleh Rumah Milenial di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakpus (29/12).

Tema acara tersebut menarik: “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”. Persaudaraan berlaku bagi semua kalangan. Saya sampaikan, keberagaman kita bukanlah suatu masalah melainkan kondisi keseharian. Oleh karena itu tak perlu dipersoalkan. Justru yang perlu diperjuangkan adalah merawat persatuan yang sudah kita raih. Sila ke-3 Pancasila mengamankan persatuan, karena menjadi prasyarat menuju sila ke-4 yaitu pembelaan terhadap rakyat dan Musyawarah. Karena keadilan sosial (pasal 5) adalah ultimate goal kita merdeka dan bernegara.

Negara hadir hadir tidak untuk satu golongan mayoritas atau minoritas, tetapi untuk semua rakyat Indonesia. Masing-masing dari kita tentu punya keyakinan dan golongan yang berbeda- beda, namun dihadapkan negara kita punya hak dan kewajiban yang sama.

Toleransi tidak musti mencampur-adukkan berbagai keyakinan, toleransi adalah menghormati berbagai keyakinan berbeda dan bekerjaaama dalam kehidupan keseharian tanpa mempersoalkan perbedaan-perbedaan tersebut. Toleransi bukan sekedar kata-kata, namun untuk dijalankan.

#toleransi #toleransiituindah #toleransiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like