Sosialisasi Bersama Warga Bidara Cina Atas Rencana Pembangunan Sodetan Sungai Ciliwun


Proses sosialisasi dan konsultasi bersama warga Bidara Cina Senin lalu (18/11) atas rencana pembangunan sodetan sungai Ciliwung yang akan tembus ke BKT Timur. Ini merupakan proyek dari Kementerian PUPR yang dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane. Jika sodetan terwujud, maka harapannya akan bisa mengurangi debit air sunga Ciliwung yang masuk ke Jakarta Pusat sehingga mengurangi banjir.


Proyek ini sudah terkatung-katung selama 4 tahun lebih. Yang lalu, proses pembebasan tanah untuk proyek tidak berjalan mulus. Penolakan warga berujung perlawanan fisik, hingga sempat clash di tahun 2016. Pasca clash, warga melakukan class action.
.


Kini proses dimulai dari awal lagi. Kita lakukan dialog secara intens dengan warga dan perwakilannya. Cukup melelahkan tentunya, tetapi itu harus kita tempih, demi hadirnya rasa keadilan bagi warga. Saya sudah menjalani proses ini satu tahun lebih, mengenal, mendalami, komunikasi dan membangun dialog.


Dialog malam itu hanyalah satu etape dari proses panjang membangun dengan tanpa merendahkan kemanusiaan. Persoalan Jakarta bukan hanya tunjuk dan eksekusi saja. Tetapi perlu dirembukkan bersama-sama antara pemerintah dan warga.

21/11/2019 sekitar jam 9 malam saya kembali berdiskusi di rumah ketua RW 04/3 kelurahan Bidara Cina. Mendengar aspirasi berbagai pihak. Banyak masukan dari orang-orang yang hadir. Kami menyadari jika hanya mendengar satu dua orang saja tidak dapat mewakili semua warga yang ada. Dari agenda utama semalam yaitu penentuan luasan proyek sodetan.


Yang berpotensi terdampak pun perlu ditanyakan satu persatu. Karena pada prinsipnya, orang segan untuk berpindah terutama sudah merasa cocok dengan lingkungannya.


Maka, itulah yang menjadi perlu dilakukan komunikasi secara terus-menerus, tidak bisa hanya satu atau dua kali pertemuan, selesai.
#komunikasi
#diskusi
#Jakarta
#DKIJakarta
#BidaraCina
#latepost
#Jakarta #DKIJakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like